Profile SMKN 4 Surabaya
SMKN 4 Adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri terfavorit di Surabaya yang berkompeten dan menciptakan lulusan yang siap kerja di bidangnya
Visi dan Misi
VISI SMK NEGERI 4 SURABAYA :
Menjadikan SMK Negeri 4 Surabaya sebagai Lembaga pendidikan dan pelatihan yang berorientasi pada kecakapan hidup dengan lulusan yang berkarakter, berakhlak mulia, memiliki kompetensi dan profesionalisme

MISI SMK NEGERI 4 SURABAYA :
Untuk menjadikan Visi SMK Negeri Surabaya menentukan langkah-langkah berikut:
1.    Menjadikan warga sekolah berkarakter dan berakhlak mulia
2.    Meningkatkan profesionalisme guru
3.    Menyelenggarakan Pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja pada era industri 4.0
4.    Menjalin Kerjasama dengan institusi terkait
5.    Menjalin Kerjasama dengan Dunia Usaha/ Industri
6.    Membekali peserta didik untuk melanjutkan ke Pendidikan yang lebih tinggi
smk4-depan

KEBIJAKAN MUTU SMK NEGERI 4

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Surabaya bertekad untuk melaksanakan sistem manajemen mutu ISO 900:2015 agar menjadi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan yang berorientasi pada kecakapan hidup dengan lulusan yang berakhlak mulia, memiliki profesionalisme dan mampu berkompetisi pada era industri 4.0
Kepala Sekolah SMKN 4 Surabaya
arsy
ASYHARUDDIN, S.Pd., S.ST., M.Pd
LOGO-OK-SMKN4-small

Logo Resmi SMKN 4 Surabaya

1
Ruang Kelas
1
Guru dan Pengajar yang Kompeten
1

Kompetensi Keahlian

Kompetensi Keahlian yang terdapat di SMK Negeri 4 Surabaya antara lain :
akuntansi
Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)

Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga secara umum memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk mengelola dan melakukan pencatatan keuangan secara manual maupun komputerisasi, dan membekali peserta dengan keterampilan akuntansi, mengelola transaksi keuangan, pajak dan membentuk siswa yang bersikap mandiri dan berkarakter sehingga lulusannya dapat menjadi staff accounting yang handal.

KOMPETENSI YANG DIAJARKAN

1. Etika Profesi

2. Aplikasi Pengolah Angka (Spreadsheet)

3. Akuntansi Dasar

4. Perbankan Dasar

5. Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur

6. Akuntansi Lembaga / Instansi Pemerintah

7. Akuntansi Keuangan

8. Komputer Akuntansi

9. Administrasi Pajak

10. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

KEMAMPUAN LULUSAN

1. Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP

2. Pengelolaan Aplikasi Komputer Akuntansi

3. Cashier / Teller

4. Juru Gaji

5. Penyusunan Laporan Pajak

6. Wirausaha

UPW
Usaha Perjalanan Wisata (UPW)

Program studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) adalah program studi yang mempelajari kegiatan yang bersifat komersial yang mengatur, menyediakan, dan menyelenggarakan pelayanan bagi seseorang, sekelompok orang yang melakukan perjalanan dengan tujuan utama yaitu berwisata

KOMPETENSI YANG DIAJARKAN

1. Komunikasi Industri Pariwisata

2. Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja

3. Administrasi Umum

4. Bahasa Asing Pilihan

5. Pemesanan dan Perhitungan Tarif Penerbangan

6. Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan Wisata

7. Pemandu Perjalanan Wisata

8. Mengelola Meeting, Incentive, Converence, and Exchibition (MICE)

9. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

KEMAMPUAN LULUSAN

1. Biro Perjalanan Wisata

2. Tour Leader

3. Tour Guide

4. Airline Ticketing

5. Event Organizer

6. Wirausaha

optimasi-perkantoran
Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)

Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran atau biasa disingkat OTKP, dulu bernama Administrasi Perkantoran atau AP merupakan salah satu cabang bidang keahlian Bisnis dan Manajemen

Mempelajari tentang Pengetikan naskah atau dokumen, Penanganan telepon, Penataan dan pengelolaan surat atau dokumen, Penataan dan pengelolaan arsip, Penanganan perjalanan bisnis, Penanganan dana kas kecil, Penyiapan pertemuan atau rapat, Penanganan aplikasi, dan Penanganan informasi melalui internet

KOMPETENSI YANG DIAJARKAN

1. Teknologi Perkantoran

2. Korespondensi

3. Kearsipan

4. Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian

5. Otomatisasi Tata Kelola Keuangan

6. Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana

7. Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan

8. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

KEMAMPUAN LULUSAN

1. Administrasi Perkantoran Yunior

2. Operator Komputer

3. Operator Telepon

4. Arsiparis / Agendaris

5. Kehumasan

6. Receptionist

7. Wirausaha

multimedia
Multimedia (MM)

Jurusan Multimedia atau sering juga disebut MM adalah salah satu dari banyaknya jurusan di SMK.

Jurusan multimedia ini merupakan suatu jurusan SMK di bidang komputer yang mempelajari tentang penggunaan komputer guna untuk menyajikan data teks, suara, gambar, animasi, serta video yang dibuat semenarik mungkin dengan tools-tools yang sudah tersedia seperti halnya Adobe Photoshop, CorelDraw, Freehand, Adobe After Efect, dan lain-lain

KOMPETENSI YANG DIAJARKAN

1. Sistem Komputer

2. Komputer dan Jaringan Dasar

3. Pemrograman Dasar

4. Dasar Desain Grafis

5. Desain Grafis Percetakan

6. Desain Media Interaktif

7. Animasi 2D dan 3D

8. Teknik Pengelolaan Audio dan Video

9. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

KEMAMPUAN LULUSAN

1. Desain Grafis

2. Desain Grafis Percetakan

3. Animasi 2D

4. Pengelolaan Audio Video

5. Wirausaha

bisnis-daring
Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP)

Bisnis Daring dan Pemasaran adalah sebuah kompetensi keahlian (jurusan) yang fokus utamanya yaitu mempelajari dasar kemampuan dan keilmuan untuk bisa menjadi seorang marketing.

Marketing disini bisa dimaksudkan dengan marketing secara konvensional maupun melalui media sosial daring (online/internet)

KOMPETENSI YANG DIAJARKAN

1. Marketing

2. Perencanaan Bisnis

3. Komunikasi Bisnis

4. Penataan Produk

5. Bisnis Online

6. Pengelolaan Bisnis Ritel

7. Administrasi Pajak

8. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

KEMAMPUAN LULUSAN

1. Cashier

2. Pramuniaga

3. Tenaga Operasional Pemasaran Produk dan Jasa

4. Manajer Toko

5. Wirausaha

Graphic_Illustrator-min
Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu program keahlian di bidang teknologi dan informasi

Program keahlian DKV ini memadukan seni design traditional (kertas dan gambar) dengan tenologi digital.

Di dalam prodi DKV ini akan di bekali kemampuan design, ilustrasi, fotografi, animasi, media interaksi hingga pembuatan film/video